PROFIL SMA NEGERI 1 BATU


SMA NEGERI 1 BATU MASA LALU

        Kalau kita menengok 30 tahun yang lalu, maka kita tidak dapat melupakan sejarah bahwa SMA Negeri 1 Batu ini didirikan berkat perjuangan para Pejabat Daerah di Batu yang gigih yang berharap agar di Batu dibuka Sekolah Menengah Lanjutan Tingkat Atas.
        Pada awal tahun 1978 saat itu tahun pelajaran baru dimulai pada bulan Januari 1978, maka kantor Wilayah Depdikbud Propinsi Jawa Timur telah menunjuk SMA Negeri IV Malang untuk mempersiapkan berdirinya SMA Negeri Batu yang dimulai pada tanggal 16 Januari 1978. Sebelum gedung SMU Negeri 1 Batu didirikan, tahun pertama kegiatan belajar mengajar menempati gedung SMP Jl. Sudarso 26 Batu (sekarang SMK / STM Brawijaya).
        Akhirnya keluarlah Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0292/0/1978, tanggal 2 September 1978 tentang dibukanya SMA Negeri Batu dan selesainya pembangunan gedung di Jl. K.H. Agus Salim no. 57, maka kegiatan belajar mengajar menempati gedung yang baru sampai sekarang ini.

STUDIUM ET VIRTUS

        Untuk melengkapi perangkat suatu organisasi maka dirumuskan suatu lambang SMA Negeri 1 Batu yang dirancang oleh Bapak Drs. Muhammad Puguh pada tahun 1978 dengan motto Studium Et Virtus.
        Menurut beliau, kata-kata itu berasal dari bahasa latin yang bermakna belajar dan kebajikan. Studium berarti belajar, Et berarti dan, Virtus berarti kebajikan ( keutamaan yang melahirkan serangkaian sikap yang baik )
        Beliau bertutur bahwa Studium memiliki makna kegiatan yang dominan di sekolah adalah belajar / berlatih dalam segala bidang untuk insan yang mulia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
        Akhirnya Studium Et Virtus digunakan terus menerus di SMA Negeri 1 Batu sebagai motto untuk menyemangati seluruh komponen sekolah dalam meraih cita-cita.

LOGO SMA NEGERI 1 BATU



SMA NEGERI 1 BATU MASA KINI

        Hingga akhir Tahun Pelajaran 2012/2013, SMA NEGERI 1 BATU memiliki daya saing yang cukup tinggi. Dari sisi akademik, lulusan SMA NEGERI 1 BATU dengan rata-rata NUN 7,6 dengan tingkat kelulusan 100%.
        Dari sisi non akademis, prestasi siswa SMA NEGERI 1 BATU juga menduduki peringkat di Kota Batu. Berbagai perlombaan seni, olahraga, dan olimpiade mata pelajaran tingkat kota mayoritas kejuaraannya direbut oleh siswa SMA Negeri 01 Batu. Pada tahun 2010/2011 tim Paduan Suara SMA Negeri 1 Batu meraih medali emas dan perak pada 4th youth Choir Festival Pattaya di Thailand serta berkesempatan tampil dalam acara Internasional yang diselenggarakan Kedutaan RI di Bangkok Thailand. Sedang pada setiap tahun, siswa SMA NEGERI 1 BATU mewakili Kota Batu untuk beberapa mata lomba pada kegiatan OSN, O2SN tingkat provinsi.
        Peningkatan daya saing dan daya jual tersebut berdampak pada peningkatan kualitas input di SMA Negeri 01 Batu. Pada tahun 2013/2014, siswa yang masuk ke SMA NEGERI 1 BATU memiliki nilai rata-rata NUN 8,1 dan memiliki prestasi non akademik.

SMA NEGERI 1 BATU YANG AKAN DATANG

        Dalam jangka waktu satu tahun ke depan, SMA NEGERI 1 BATU berusaha secara optimal dalam pengembangan program sebagai Rintisan Sekolah Katagore Mandiri (RSKM). Upaya tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan peningkatan standar pendidikan yang mengarah pada pencapaian Standar Nasional Pendidikan, mencakup pengembangan standar isi kurikulum, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pembiayaan, standar pengelolaan, dan standar penilaian yang dikembangkan secara bertahap ke arah Sekolah Katagori Mandiri (SKM).
        Pengembangan Standar Isi menuju SKM perlu difokuskan pada kegiatan penyusunan Kurikulum Sekolah Katagori Mandiri, SMA NEGERI 1 BATU Tahun Pelajaran 2013/2014 yang melibatkan seluruh warga/stakeholders sekolah secara aktif dan partisipatif. Pengembangan Standar Proses menuju Sekolah Katagori Mandiri diarahkan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan proses pembelajaran berstandar Nasional. Pengembangan standar kompetensi lulusan dititikberatkan pada peningkatan kompetensi lulusan yang berstandar Nasional dalam aspek kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan dan kecakapan hidup. Upaya peningkatan kompetensi, kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam kemampuan bahasa Inggris, IT, serta inovasi pembelajaran berstandar Nasional merupakan prioritas program peningkatan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
        Pengembangan Standar Sarana dan Prasarana terus diupayakan melalui program-program penambahan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis IT. Pengembangan Standar Pengelolaan diarahkan pada penerapan MBS yang transparan, akuntabel, dan partisipatif sesuai dengan Standar Nasional, PAS , serta optimalisasi pengawasan dan evaluasi.         Pengembangan Standar Pembiayaan dioptimalkan melalui penggalangan dana investasi, operasional, dan personal yang pengelolaannya dilakukan secara transparan, akuntabel, dan partisipatif. Dalam Pengembangan Standar Penilaian, SMA NEGERI 1 BATU berupaya untuk melaksanakan penilaian baik oleh pendidik, sekolah, dan pemerintah dengan mengedepankan prinsip penilaian otentik, jujur, dan akuntabel berbasis IT.
        Diharapkan satu tahun ke depan siswa SMA NEGERI 1 BATU akan lebih kompetitif dalam prestasi akademik dan nonakademik pada tingkat provinsi, nasional bahkan Internasional serta optimal dalam pengembangan kecakapan hidup dan budi pekerti melalui pengembangan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global (teknologi informasi dan komunikasi).

VISI DAN MISI

A. VISI

Terwujudnya Sekolah Unggul Berlandaskan Iman dan Takwa serta Berbudaya Lingkungan

Indikator Visi
  1. Sekolah yang mempunyai standar kompetensi lulusan Nasional plus adopsis dan adaptasi SKL Internasional (Cambridge)
  2. Sekolah yang memiliki kurikulum nasional (KTSP) plus adopsi dan adaptasi kurikulum Internasional (Cambridge)
  3. Guru memiliki kemampuan mengembangkan proses belajar mengajar berbasis IT melalui pembelajaran bilingual.
  4. Sekolah yang mampu bersaing dibidang akademik dan non akademik pada tingkat regional, nasional maupun internasional
  5. Sekolah memiliki kemampuan membentuk jejaring dengan lembaga-lembaga regional, nasional maupun internasional
  6. Sekolah mampu melaksanakan system manajemen berstandar internasional
  7. Warga sekolah yang taat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
  8. Warga sekolah yang mencintai tanah air
  9. Warga sekolah memiliki kepedulian dan kepekaan terhadap kelestarian lingkungan

B. MISI

  1. Melaksanakan kurikulum nasional (KTSP) yang diperkaya dengan kurikulum Negara maju (Cambidge)
  2. Meningkatkan keunggulan inovasi pembelajaran berbasis IT dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  3. Meningkatkan keunggulan prestasi akademik dengan pembelajaran efektif, efisien dan menyenangkan dengan memanfaatkan multi resources yang berbasis IT
  4. Meningkatkan keunggulan prestasi non akademik melalui pembinaan pengembangan diri yang berkualitas, efektif dan efisien
  5. Melaksanakan kerja sama dengan lembaga-lembaga sektoral, lintas sektoral, regional, nasional dan regional
  6. Melaksanakan manajemen berstandar Internasional melalui sertifikasi ISO 9001:2008
  7. Menumbuhkan penghayatan dan penerapan ajaran agama dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  8. Mendorong dan membantu siswa mengenal dan mengembangkan potensi diri, dengan semangat keunggulan local dan global bernuansa tanah air
  9. Menumbuhkan kepedulian terhadap potensi dan konservasi serta pengembangan lingkungan hidup
  10. Menyediakan sarana prasarana yang berstandar internasional

TUJUAN SEKOLAH

  1. Sekolah menghasilkan lulusan yang mampu bersaing diera global , beriman, dan bertakwa dengan kompetensi bertaraf internasional.
  2. Sekolah mampu menghasilkan kurikulum sekolah (KTSP) dan SKL bertaraf Internasional.
  3. Sekolah mampu menyelesaikan akreditasi nasional dengan nilai A dan berakreditasi Internasional melalui sertifikasi ISO 9001:2008
  4. Sekolah mampu menghasilkan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif, variatif, dan berbasis IT.
  5. Sekolah mampu menghasilkan sarana dan prasarana pendidikan yang relevan, dan bertaraf Internasional
  6. Sekolah mampu memberikan pelayanan dan pengembangan ekstrakurikuler dalam rangka membentuk dan mengembangkan karakter siswa.
  7. Sekolah mampu menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan beretos kerja, tangguh, profesional, dan memiliki daya saing.
  8. Sekolah mampu menghasilkan prestasi bidang akademik dan nonakademik yang kompetitif.
  9. Sekolah mampu mengembangkan budaya baca, budaya bersih, budaya takwa, dan budaya sopan santun.
  10. Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang, asri, dan bersih sesuai dengan konsep adiwiyata dalam mendukung pencapaian prestasi tingkat internasional.

Prestasi

Pencapaian Prestasi Terbaru

Online School Magazine

parama online school magz
Follow and Update from

TWITTER @smabasev

Like Our

FAcebook fanspage

SMA NEGERI 1 BATU

KAMPUS SMABA
Jl. KH. Agus Salim 57 Kota Batu
Telp./Fax. (0341)-591310 | Kode Pos 65314
Email: sman1batu@yahoo.com

Follow by Email

SHORTCUT